Sabtu, 12 Juni 2010

Wanita-wanita abadi dalam Al-qur'an

Aisyah Binti Abu Bakar
(q.s. An-nur :11-17)

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu ( juga). Jangan kamu mengira berita itu buruk bagi kamu, bahkan itu baik bagi kamu. Setiap orang dari mereka akan memdapat balasan dari dosa yang diperbuatnya. Dan barang siapa diantara mereka yang mengambil bagian terbesar ( dari dosa yang diperbuatnya), dia yang mendapat azab yang paling besar (pula).
yang berdusta.
Dan seandainya bukan karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu di dunia dan diakhirat, niscaya kamu ditimpa adzab yang besar, disebabkan oleh pembicaraan kamu tentang hal itu (berita bohonh).Mengapa orang-orang mukminin dan mukminat tidak berbaik sangka terhadap diri mereka sendiri, ketika kamu mendengar berita bohong itu dan berkata, "ini adalah ( suatu berita ) bohong yang nyata."
Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak mendatangkan empat orang saksi? oleh karena mereka tidak membawa saksi-saksi, maka mereka itu dalam pandangan Allah adalah orang-orang
(Ingatlah) ketika kamu menerima ( berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulut kamu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh. padahal, dalam pandangan Allah itu besar.
Q.S. An-Nur : 11-17)

Sebab turunya ayat

Ulama tafsir dan hadist menyatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan peristiwa Haditsul ifki ( berita bohong). Berita bohong ini menyangkut diri Aisyah binti Abu Bakar r.a., isteri Rasulullah saw. Aisyah digosipkan berbuat sesuatu yang tercela karena beliau pulang naik unta yang dituntun seorang laki-laki bernama Safwan Bin Mu'athal As-Sulamiy.

Riwayat hidup Aisyah r.a.

Aisyah merupakan putri Abu Bakar r.a. Nasab Aisyah bertemu dengan Rasulullah saw. Pada orang yang bernama Murrah bin ka'ab bin Lu'aiyy. Rasulullah saw menikah dengan aisyah setelah Khadijha, isteri beliau yang pertama, sudah wafat. Aisyah menjadi isteri Rasulullah saw. dalam usia yang sangat mudah. Ketika Rasulullah saw. wafat, Aisyah baru berumur 18 tahun ,Aisyah wafat pada tahun 57 H.

bersambung........................................

Tidak ada komentar: